Senin, 13 Januari 2020 - 12:02:09 WIB
Simulasi Bencana Kebakaran
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMK - Dibaca: 4688 kali

Jambi-Beberapa saat lalu SMK Yadika Jambi melaksanakan simulasi evakuasi bencana kebakaran. Kita menyadari bahwa setiap bencana kadang bisa tak terduga datangnya, dan latihan evakuasi ini diberikan agar para siswa, guru, dan karyawan memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi bencana jika sampai terjadi suatu saat nanti.

Sebelumnya siswa tidak diberitahu mengenai adanya simulasi. Hanya beberapa hari sebelumnya di kelas-kelas para guru memberi pengarahan tentang apa yang harus dilakukan para siswa jika mendengar pengumuman bencana kebakaran dari sentral dan memberi pengenalan tentang bahaya.

Saat evakuasi, siswa dan seluruh anggota sekolah wajib berjalan menyusuri jalur evakuasi berwarna hijau untuk kemudian berkumpul di  “Assembly Point” atau “Titik Kumpul”  yang sudah ditentukan sebelumnya. Adapun jalur evakuasi dari setiap lantai menuju lantai dasar sudah terpasang jelas di setiap lorong kelas dan lobby.

Yang menarik, seluruh siswa tak mengetahui bahwa dalam simulasi ini telah disusun beberapa skenario yang mendebarkan. Ada beberapa siswa yang dikabarkan hilang dan pingsan, juga seorang guru yang tertinggal di sebuah ruangan

Melalui latihan evakuasi ini setiap kami bisa memahami satu hal bahwa bencana kadang tak pernah dapat diduga kapan datangnya dan setiap usaha evakuasi bertujuan untuk menyelamatkan jiwa, sehingga para siswa dan seluruh penghuni sekolah dibekali pengetahuan yang cukup bagaimana harus bertindak untuk tetap tidak panik saat menghadapi bencana. Satu lagi, melalui latihan ini para siswa diajak untuk belajar tidak bersikap egois dan mementingkan diri sendiri, namun sebaliknya memiliki hati yang peduli pada teman, guru, dan lingkungan di sekitarnya.

 

Editor : Sidik Pramana,S.Kom




Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)