Jumat, 03 November 2017 - 14:15:25 WIB
Akreditasi Administrasi Perkantoran SMK Yadika 2017/2018
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMK - Dibaca: 325114 kali

PENINGKATAN MUTU PROGRAM KEAHLIAN MANAJEMEN PERKANTORAN (AKREDITASI)KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN SMK YADIKA MODEL KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SMK Yadika Model Kota Jambi yang terletak di Jl. Abdul Muis, Lrg. Anggrek RT. 38, Jeramba bolong memiliki 4 program keahlian. Salah satu Program keahliannya adalah Manajemen Perkantoran yang telah berdiri sejak awal tahun pelajaran 2014/2015. Setelah menamatkan dua alumni Sekolah merasa perlu untuk meningkatkan mutu program keahlian Manajemen Perkantoran melalui Akreditasi Sekolah yang seyogyanya telah dilaksanakan dan berjalan dengan baik pada hari rabu s.d. kamis, 1 dan 2 November  2017. Menurut Akhmat Sudrajat, Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.Adapun yang menjadi Dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002.

Program peningkatan mutu melalui akreditasi Program Manajemen Perkantoran sekolah ini bertujuan untuk :

a)      Menentukan tingkat kelayakan SMK Yadika Model Kota Jambi khususnya program Manajemen perkatoran dalam menyelenggarakan layanan             pendidikan dan

b)      Memperoleh gambaran tentang kinerja SMK Yadika Model Kota Jambi terkhusus pada Program Manajemen Perkantoran.

Selain itu Program peningkatan mutu program Manajemen Perkantoran ini juga memiliki fungsi bagi:

a)      Untuk pengetahuan, yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan & kinerjaSMK Yadika Model Kota Jambi pada program Manajemen Perkantoran dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah,

b)      Untuk akuntabilitas, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat, dan

c)       Untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.

Komponen penilaian yang tercakup dalam akreditasi Program Manajemen Perkantoran SMK Yadika Model Kota Jambi terdiri dari 8 Standar, yakni;

  1. Standar Isi
  2. Standar Proses
  3. Standar Kelulusan
  4. Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan
  5. Standar Sarana dan Prasarana
  6. Standar Pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar Penilaian

Proses persiapan panjang yang telah dilakukan oleh Tim Akreditasi Program Manajemen Perkantoran yang diketuaiolehIbu Nina handayani, ST inisudahdimulai sejak tahun 2016 hingga pada saat pengecekan pada tanggal 1 dan 2 November 2017.Ada beberapa tahap yang dilakukan oleh Tim Akreditasi untuk mensukseskan Program peningkatan mutu sekolah, yaitu:

  1. Sekolah mengajukan permohonan akreditasi kepada Badan Akreditasi Propinsi (BAP)-S/M untuk SMK dan mendapat persetujuan atau rekomendasi dari Dinas Pendidikan melalui situs SISPENA yang bisa diakses secara online.
  2. Setelah menerima instrumen evaluasi diri, sekolah perlu memahami bagaimana menggunakan instrumen dan melaksanakan evaluasi diri.
  3. Mengingat jumlah data dan informasi yang diperlukan dalam proses evaluasi diri cukup banyak, maka sebelum pengisian instrumen evaluasi diri, perlu dilakukan pengumpulan berbagai dokumen yang diperlukan sebagai sumber data dan informasi
  4. Setelah pengumpulan data sekolah juga masih perlu mengunggah data yang instrumen tersebut ke situs SISPENA untuk verifikasi data dan mendapat jadwal visitasi pelaksanaan Akreditasi.
  5. Setelah semua data terunggah dengan baik Tim assessor turun ke SMK Yadika Model Kota Jambi untuk pengecekan data real yang telah Tim Akreditasi kirimkan melalui online ataupun Dinas Propinsi Jambi.

Proses pengecekan akreditasi yang dilakukan oleh Tim Assessor dari BAP Provinsi Jambi yaitu Bpk. Saleh, S.Pd, M.Pdi dan Bpk. H. M. Yusuf, S.Pd Berjalan dengan baik. Kegiatan ini diawali dengan Kegiatan pembuka yaitu penyambutan yang diiringi dengan Kesenian Kompangan yang ditampilkan oleh siswa siswi SMK Yadika Model Kota Jambi Program Keahliandan dilanjutkan kembali dengan penampilan Tarian Sekapur Sirih dari Siswi Manajemen Perkantoran sebagai tarian sambutan bagi tamu agung daerah Provinsi Jambi. Sebelum Tim assesor memasuki Gedung SMK Yadika Model Jambi, Kepala Program Manajemen Perkantoran Ibu Susi SusantiHarianja, S.Pd, mengalungkan bunga sebagai bentuk penghormatan kepada kedua Assesor BAP Provinsi Jambi.

Proses penyambutan ini juga dihadiri Seluruh Siswi manajemen perkantoran dan Guru beserta Kepala Program setiap Program keahlian di SMK Yadika Model Kota Jambi, , Kepala SMK Yadika Model Kota Jambi Bpk. Didi Heriyanto, SP dan Bpk. H. Abuzar, S.Pd, MEI selaku pengawas pembina SMK Yadika Model Kota Jambi

Bpk. DidiHeriyanto, SP selakuKepalaSMK Yadika Model Kota Jambi mengucapkanterimakasihbanyakkepadatim assessor BAP Provinsi yang telahhadiruntukmelakukanpengecekanterhadap program KeahlianManajemenPerkantorandanberharapAkreditasiberjalandenganbaikdanmendapathasil yang maksimaldanmemuaskan.HinggasaatiniHasil akreditasi masihperluditindaklanjuti oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dan Penyelenggara sekolah guna kepentingan peningkatan mutu sekolah.

Demikianlah kegiatan peningkatan mutu program keahlian manajemen perkantoran (Akreditasi) Kompetensi keahlian Otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Yadika Model Kota Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Semoga segala usaha dan upaya yang telah dilakukan oleh pihak sekolah dan Tim Akreditasi memberikan hasil yang memuaskan dan cita-cita dan harapan Yayasan Abdi Karya dapat terwujud.




Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)