Senin, 10 Desember 2018 - 08:20:42 WIB
Kembangkan Kompetensi Siswa, Direktorat Pembinaan SMK Gelar Pameran Produk Teknologi Tepat Guna
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMK - Dibaca: 204 kali

Surabaya, pens.ac.id – Sebagai upaya mengembangkan kompetensi yang dimiliki siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) bersama Direktorat Pembinaan SMK (PSMK) Indonesia telah usai menyelenggarakan pameran produk pada Senin lalu (05/12). Dihelat di Lantai 1 Gedung Pascasarjana, kegiatan ini bertajuk “Pameran Produk Teknologi Tepat Guna Kreatif Program Bantuan Kemitraan Vokasi”. Kegiatan diikuti oleh sebanyak 15 SMK dengan produk terbaik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Ajang pameran ini merupakan kelanjutan dari agenda-agenda PSMK. Setelah terdapat workshop dari PENS yang diikuti oleh lebih dari 90 SMK, tiap sekolah peserta diberikan waktu selama satu bulan untuk membuat satu  proyek. Proyek ini membebaskan tiap sekolah untuk membuat produk atau suatu karya yang di mengaplikasikan Internet of Things (IoT).

Pada kesempatan ini para siswa juga dituntut untuk menghasilkan suatu produk yang inovatif dan berguna bagi masyarakat. Ajang ini merupakan wadah untuk mengenalkan, mengembangkan, dan mengajarkan  teknologi  IoT kepada siswa di era Revolusi Industri 4.0. Berbagai kriteria menjadi pertimbangan penilaian produk, diantaranya yakni kreativitas, ide, ketepatan guna alat, manfaat, bentuk dan fungsi kerja alat, dan penggunaan robotika.

Tidak hanya pameran, terdapat juga sesi presentasi karya oleh tiap sekolah. Dari hasil penjurian, SMKN 3 Metro keluar sebagai Juara 1, SMKN Krian 1 Sidoarjo sebagai Juara 2, dan SMK Tunas Harapan Pati sebagai Juara 3. Selain itu, Penghargaan Inovasi Terbaik berhasil diraih oleh SMKN 1 SLAWI, Desain Terbaik oleh SMK Yadika Jambi, dan Ide Terbaik dari SMKN 1 Gempol. “Untuk kedepannya saya harrap bisa mengajak seluruh SMK untuk membuat produk yang kreatif, inovatif, yang bisa bermanfaat untuk kampusnya atau Indonesia. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dengan mengundang banyak SMK, dan kita bisa mempopulerkan teknologi IoT kepada masyarakat yang belum memahami perkembangan Revolusi Industri 4.0,” jelas Penanggung Jawab Kegiatan, Mohamad Nasyir Tamara, S.ST, MT. *dikutip dari www.pens.ac.id




Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)